Cara Install windows dengan Flashdisk

Ah…. Akhirnya bisa juga, setalah cari info sana-sini, Tanya sana-sini akhirnya gw bisa juga nginstallin notebook punya teman gw…..hahaha

Mulanya gw bingung banget tu, gimana ya cara install ulang notebook? mana nggak ada CD-ROOMnya lagi?. Kemudian gw penasaran banget tu pengen tau installnya, pertama gw coba copy semua file di CD windows xp ke flashdisk… eh….tapi malah nggak kedetek waktu booting.

Semakin penasarannya gw tanya sana-sini… ehh..akhirnya ketemu juga solusinya. Ternyata tu copy data ke flashdisknya bukan tinggal kopas(kopi paste) aja tapi ada caranya….hehehe (jadi malu gw…hehe)

Sekarang gw mau share pengetahuan gw ini sama teman-teman yang pake notebook yang mau install ulang, tapi laptop sama komputer juga bisa diterapin juga kok, jadi bebas buat siapa aja….hehehe

Oke, langsung saja kita ke topik bahasan.

Pertama-tama berdoa dulu, dan siapin secangkir kopi biar mata melek….hehehe

Dalam hal ini kita perlu pake komputer ato laptop, karena ada CD-ROOMnya yang bisa buat transfer data CD XP ke dalam flashdisk, dan siapin juga flashdisk dengan kapasitas minimal 1GB.

Pertama kalian download dulu aplikasinya tinggal klik link di bawah ini :

1. PeToUSB

2. usb_prep8

Setelah kalian download, ekstrak dulu file yang kalian download dan letakin file hasil ekstrak dalam satu folder (file PeToUSB pindahin ke folder usb_prep8).

Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut :

* Jalankan file yang bernama usb_prep8, akan muncul command prompt seperti gambar di bawah

* Tekan sembarang dan otomatis akan menjalankan program PeToUSB lalu muncul perintah untuk memformat flashdisk.

* Checklist pada quickformat biar proses format agak cepat, lalu klik start, tunggu sampai proses selesai.

* Setelah proses selesai tutup PeToUSB, tapi jangan tutup command prompt usb_prep8.

* Pada command prompt akan muncul beberapa pilihan.

* Plih angka ‘1’ lalu enter, akan muncul sebuah perintah untuk menentukan lokasi dimana kalian menyimpan file CD XP(pilih pada CD-DRIVE) -> OK

* Kemudian pada command prompt ada pilihan option lagi.

* Pilih angka ’3′ -> enter

* Kemudian pilih tempat flashdisk kalian tertancap, dalam contoh gambar di bawah letak USBnya di ‘j’, maka ketik ‘j’ -> enter

* Setelah tahapan ini, pilihlah option nomer ‘4’ kemudian akan muncul perintah seperti gambar di bawah ini, pilih ‘Yes’

* Kemudian akan muncul perintah seperti gambar dibawah ini, pilih ‘Y’

* Lakukan instruksi sesuai perintah selama prosses, (kebanyakan “press any key to continue”)

* Ketika muncul perintah seperti gambar di bawah ini, pilih “Yes”.

* Tunggu prosses kira-kira memakan waktu 15 menit, kemudian akan muncul perintah seperti gambar di bawah ini, pilih ‘Yes’.

* Setelah itu muncul perintah untuk meng-eject CD, pilih ‘Yes’. CD XP kalian keluar terus ambil CD

* Pada commend prompt muncul bacaan tentang cara installnya “press any key to continue” baca dulu kalo mau baca lalu tekan sembarang.

Tara…… selamat anda telah mempunyai flashdisk yang bisa buat install notebook…hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: