Cara Memeriksa Kinerja Power Supply Komputer

Memeriksa Power SupplyBagaimana Cara Memeriksa Kinerja Power Supply Komputer? Power supply merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer. Tapi juga yang paling membosankan, sehingga ketika bicara soal penghematan biaya, maka Power supply yang sering jadi korban. Membeli power supply murahan sering jadi pilihan yang dianggap tepat.

Kadang-kadang ini tidak apa-apa. Namun seringkali power supply beringkah tidak menentu, menyebabkan komputer restart sendiri dan dalam kasus lain adalah komponen lain tidak mendapatkan tegangan konsisten seperti yang mereka butuhkan. Jika mengalami masalah yang tidak dapat dengan cepat dapat diidentifikasi, pastikan untuk Memeriksa Kinerja Power Supply dengan prosedur seperti yang akan saya jelaskan berikut.

Tips Cara Memeriksa Kinerja Power Supply

Sebagian besar keluarga memiliki komputer lain dengan ukuran hampir sama. Sebelum Anda menghabiskan uang untuk membeli tester atau membeli catu daya baru, Anda dapat mencoba tes dengan hanya melepas kabel power supply dari mainboard. Tetapi ini adalah solusi berteknologi rendah, tetapi juga sering sangat baik dan berhasil. Ikuti cara ini;

  1. Membeli Power Supply Tester. Anda dapat membeli tester listrik yang relatif murah. Namun multimeter adalah solusi yang lebih baik secara keseluruhan karena Anda dapat menggunakannya untuk hal lain, tetapi tetester power supply adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengetahui apakah PSU masih baik.
  2. Periksa Untuk Tegangan Power Supply. Periksa pengaturan tegangan pada bagian belakang catu daya. Meskipun hal ini tidak mungkin bermasalah, hanya pastikan saja bahwa sudah diatur dengan benar untuk wilayah Anda 110V atau 220V.
  3. Yakinkan kipas Power Supply  Bekerja Baik. Cara Memeriksa Kinerja Power Supply  yang lain adalah pemeriksaan kipas bagian belakang apakah masih berfungsi baik. Jika Anda memiliki PC yang sudah tua, seharusnya memastikan kipas pada power supply bekerja baik. Jika sudah tidak baik kinerjanya, Anda harus mengganti power supply segera. Anda kadang-kadang kipasnya penuh dengan debu dan harus dibersihkan tetapi jika kipas tidak berputar sama sekali, power supply harus diganti.
  4. Apakah Daya Keluaran dari Power Supply Cukup?
    Terakhir, Anda harus memastikan catu daya Anda memiliki rating cukup tinggi untuk kebutuhan komputer anda. Jika membangun komputer pada beberapa tahun yang lalu dan saat ini telah menambahkan hard drive tambahan, kartu grafis yang lebih kuat dan mungkin beberapa RAM baru, pastikan catu daya Anda memiliki cukup tegangan untuk menangani semuanya.

Demikian Cara Memeriksa Kinerja Power Supply Komputer yang singkat ini, semoga bermanfaat

sumber :http://www.qbonk.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: