Inilah 5 Cara Mengatasi Komputer Terlalu Panas

Cara Mengatasi Komputer Terlalu PanasKomputer terlalu panas dan Anda mungkin tidak menyadarinya. Selain virus, panas adalah salah satu ancaman paling berbahaya ke komputer. Banyak pengguna bahkan berpikir bahwa komputer mereka terserang virus, karena komputer yang terlalu panas memiliki gejala yang sama: PC berjalan sangat lambat dan mungkin PC reboot atau mungkin komputer sering crash.

Sensor panas pada komputer yang baru, sering mematikan komputer dan memaksa masa pendinginan sebelum mengizinkan PC dapat dinyalakan lagi. Adalah penting bahwa pengguna tetap menyadari masalah panas dan melakukan upgrade atau pemeliharaan yang lebih baik ini sebelum kerusakan permanen terjadi pada  perangkat keras.

Inilah 5 Cara Mengatasi Komputer Terlalu Panas

Ini adalah beberapa perbaikan yang saya anjurkan jika Anda mencurigai komputer Anda terlalu panas.

  1. Lakukan perawatan rutin. Debu adalah pembunuh kumulatif yang tidak kelihatan. Debu ini menyumbat dan memperlambat pendinginan, debu menyelimuti motherboard, kartu video dan komponen lainnya sehingga pendinginan tidak berfungsi. Setiap beberapa bulan, bersihkan casing dan motherboard dll dalam komputer anda.
  2. Pertimbangkan upgrade power supply Anda. Sebuah catu daya tradisional akan memiliki jalinan kawat-yang sebagian besar tidak pernah digunakan. Hal ini membatasi aliran udara yang dapat menyebabkan overheating. Selain itu Power supply yang kurang bagus pendinginannya juga kurang bagus.
  3. Mengevaluasi pengaturan hard drive Anda. Beberapa kasus PC memungkinkan Anda menyusun hard drive langsung di atas satu sama lain. Hard drive menghasilkan banyak panas. Jika Anda memiliki beberapa hard drive, sebaiknya ruang mereka terpisah atau setidaknya jaraknya berjauhan, agar memungkinkan untuk sirkulasi lebih baik. Selain itu, jika Anda memiliki drive IDE yang lebih tua, gantilah dengan drive SATA yang menggunakan kabel interface tipis dibandingkan dengan kabel IDE yang lebih luas. Bahkan lebih baik, pada saat Anda mengganti hard drive, ganti dengan Solid State Drive Hard.
  4. Kurangi jumlah program yang berjalan. Jumlah program yang berjalan akan mempengaruhi panas CPU. Mengurangi program yang berjalan di belakang layar adalah pilihan yang baik. Program yang tidak perlu, dihentikan saja. Klik Start> Run dan ketik msconfig, lalu tekan OK. Cara ini akan membuka Microsoft Configuration Utility. Di bawah tab Startup, hapus semua program yang Anda tahu tidak perlu dijalankan pada saat startup. Anda mungkin akan terkejut melihat berapa banyak program yang secara otomatis beban sendiri.
  5. Pasang kipas tambahan di belakang casing. Sebagian besar casing memiliki tambahan kipas tetapi ada yang harus ditambahkan sendiri. Kipas ini dipasang di bagian belakang komputer, dan akan membantu menarik udara keluar dari komputer dan mencegah penumpukan debu dalam power supply. Konsepnya adalah untuk menarik udara dingin sehingga dapat membantu sirkulasi udara di atas CPU dan udara panas keluar dibagian belakang casing. Tapi ini juga dapat meningkatkan jumlah debu yang masuk ke casing. Jadi jika Anda menggunakan kipas depan, pastikan untuk mengangkat komputer Anda dari lantai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: