Cara Setting MikroTik RB750

Cara Setting MikroTik RB750

cara setting mikrotik rb750

Disini saya akan menjelaskan cara setting mikrotik RB750 / RB750G pertama kali. Dengan setting mikrotik rb750 kita bisa optimasikan jaringan/aktifitas client, mengatur keluar masuk trafik data. Kok perlu diatur? Bayangkan jika jalan raya tidak ada lampu lalu lintas atau rambu-rambu.
Mikrotik RB750 mempunyai konfigurasi default saat kita membelinya, yang langsung bisa dipakai untuk menjadi router. Tapi disini saya tidak menjelaskan konfigurasi yang ada, tapi kita setting mikrotik RB750 dari dasar.

Pertama menggunakan :
Jika kita membeli perangkat Mikrotik RB750 di dalamnya sudah terdapat seting mikrotik RB750 default. Karena kita dimari pengen belajar dasar setting router mikrotik, jadi kita perlu reset konfigurasi setting mikrotik RB750 kita.

Di bagian ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana reset konfigurasi setting mikrotik RB750 kita.

Cara Reset Setting Mikrotik RB750

Yang kita lakukan pertama kali yaitu menghubungkan RB750 dengan PC atau  jaringan LAN kita dan reset setting konfigurasi default RB750

  • Konek kabel internet/WAN (contoh dari modem speedy) ke port 1, dan port 2-5 ke hub/switch LAN atau bisa langsung ke PC.
  • Set IP LAN komputer anda dengan setting otomatis (DHCP)
  • IP default mikrotik rb750 adalah 192.168.88.1 dengan default username “admin” password kosong. IP yang di dapat PC klien 192.168.88.2 sampai 192.168.88.254.
Mikrotik RB750 ada 5 Port (Port 1 untuk ISP/WAN, Port 2-5 untuk client)
  • Masukan kabel utp dari modem speedy ke port 1 Mikrotik RB750
  • Masukan kabel utp dari port 2 ke switch/hub atau langsung ke PC Client

Setelah semua kabel terkoneksi dengan benar, anda cek IP Address PC client yang terhubung dengan mikrotik (Local Area Connection di set Automatic/DHCP)

Start > Control Panel > Network Connection > Klik 2x pada Local Area Connection > Klik tab Support

cara setting mikrotik rb750

cara setting mikrotik rb750

Ip Address yang diberikan otomatis Mikrotik untuk PC client 192.168.88.2 – 192.168.88.254 dengan gateway 192.168.88.1 (ip default router mikrotik)
Buka winbox, kalo belum ada download dari RB750 anda dengan browsing ke alamat IP mikrotik anda http://192.168.88.1/winbox/winbox.exe

winbox mikrotik

Winbox Mikrotik

Login dengan username password default :

Login : admin
Password : kosong

Akan tampil dialog seperti ini

reset setting mikrotik rb750

Opening Wizard ^_^

Untuk mereset konfigurasi setting mikrotik RB750 klik “Remove Configuration” dan RB750 anda akan restart. Koneksi kembali ke mikrotik tapi tidak dengan IP yg sebelumnya. Anda harus membuat Statik IP PC anda dulu.

Start > Control Panel > Network Connection > Klik 2x pada Local Area Connection > Properties > Klik 2x Internet Protocol (TCP/IP)

setting ip address komputer windows

Lanjut masukan IP address seperti diatas lalu klik OK
Karena RB750 belum ada settingan IP/masih kosong anda bisa login dengan winbox menggunakan MAC Address dengan klik tanda “

login mikrotik mac address

Klik MAC Address mikrotik RB750 dan Klik Connect. Yak, sekarang RB750 anda tidak ada konfigurasi sama sekali alias perawan jing jing.

Cara Setting Mikrotik RB750 Sebagai Router

Tujuan kita beli mikrotik emang buat apaan? ya buat jadi router donk ^_^ tapi  bagian kerennya kita setting dari paling dasar konfigurasi mikrotik sebagai router.

Atur masing-masing port pada setting mikrotik rb750
Misalnya anda berencana untuk setting Port 1 > untuk koneksi ke internet/modem dan Port 2 > untuk ke hub/switch LAN klien. Karena disini kita bebas mau posisi port kayak apa.
Klik menu “Interfaces” pada menu kiri winbox

setting mikrotik

Diatas ada jumlah interface/port pada mikrotik anda (dalam rb750 5 port)
ether1 > port 1
ether2 > port 2
dan seterusnya……
Dan kasus kali ini kita gunakan hanya 2 port, yaitu ether1 dan ether2
Pertama yang kita lakukan adalah mengganti nama masing2 interface supaya kita lebih mudah mengetahui ether itu untuk koneksi kemana.

setting mikrotik

NOTE : Untuk mengganti nama masing2 interface untuk “ether1” jgn dihilangkan cukup tambahkan “-internet” untuk lebih memudahkan mengetahui itu port brp.

Konfigurasi IP Address pada masing-masing Interfaces

Klik Menu IP > Addresses > klik tanda “+”
Set IP address masing2 interfaces, untuk subnet IP address bebas sesuai selera Anda. Untuk contoh saya menggunakan :
Ether1-internet : 192.168.0.2/24
Ether2-lan : 192.168.1.1/24

setting mikrotik
NOTE : Anda perhatikan pilihan “Interface” untuk masing2 IP Address, pastikan di interfaces yg benar.
Cek koneksi ke modem dan PC client anda, dalam kasus IP modem speedy anda 192.168.0.1 dan IP PC klien anda 192.168.1.2 (udah tau kan masukin IP Address di windows? kalo lupa scroll ke atas lagi gan ^_^)

Cek koneksi rb750 ke modem, masuk ke “New Terminal” di kiri menu
Ketik “ping 192.168.0.1” (192.168.0.1 adalah IP address modem)
Jika reply, koneksi dari mikrotik ke modem sudah benar
Jika Request Time Out, settingan ada yang salah
Cek koneksi rb750 ke pc client, ke “New Terminal” di kiri menu.
Ketik “ping 192.168.1.2” (192.168.1.2 adalah IP pc anda)
Atau cek sebaliknya ping dari PC Client ke mikrotik anda
Ketik “ping 192.168.1.1” didalam CMD (192.168.1.1 adalah IP mikrotik anda)
Jika reply, koneksi dari mikrotik ke PC client sudah benar
Jika Request Time Out, settingan ada yang salah

Ctrl-C untuk stop aktifitas PING dalam New Terminal

Cara Setting Mikrotik RB750 untuk terkoneksi dengan internet

Yang pertama kali yang harus kita lakukan yaitu membuat RB750 anda terkoneksi terlebih dahulu dengan internet. Setting IP Gateway mikrotik rb750 ke modem speedy anda. Dan pastinya modem speedynya aktif internetnya.

Setting IP Gateway Dengan Winbox

Klik Menu IP > Routes > klik tanda “+”  dan masukan ip modem spedy anda contoh yang saya pakai adalah 192.168.0.1 pada kolom Gateway. Yang lain biarkan saja

setting gateway mikrotik rb750

Cara Setting DNS Di Mikrotik Dengan Winbox
Klik menu winbox  “IP > DNS > Setting
Isi dengan DNS Server yang ISP Anda berikan

setting mikrotik rb750

Klik tanda panah bawah jika anda mempunyai IP DNS lebih dari satu. Centang “Allow Remote Requests” untuk menjadikan setting mikrotik RB750 anda sebagai DNS server.
Jika tidak ada setting yang salah harusnya RB750 anda sudah terkoneksi dengan internet

Cek dengan New Terminal
ping detik.com
Jika reply, koneksi rb750 ke internet sudah benar
Jika Request Time Out, settingan ada yang salah

Loh kok pc client belum bisa internet? Ya iya donk, nih kita lanjutin buat setting koneksi internet untuk PC Client

Cara Setting NAT di Mikrotik Dengan Winbox

Setting NAT pada winbox di menui “IP > Firewall > NAT > lalu klik tanda “+”

setting mikrotik rb750 sebagai router
Pada menu Chain pilih srcnat lalu klik tab Action dan pilih masquerade trus klik OK

Setelah itu kita lanjut setting IP addres pada PC client kita supaya bisa terkoneksi dengan mikrotik dan internet
Setting IP address pada PC client

setting mikrotik rb750 sebagai router

Kemudian coba dengan aktifitas internet di PC klien anda, jika setting mikrotik rb750 anda sudah benar maka PC klien anda sudah bisa ber internet ria.

sumber : http://satriaramdhana128.blogspot.co.id/2013/08/cara-setting-mikrotik-rb750-disini-saya.html#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: