Perbedaan 32bit dan 64bit Pada Komputer

Assalaamu’alaikum – Pernahkah mendengar tentang sistem operasi 32bit atau 64bit pada komputer ? Yap, seringkali pada saat kita meng-install aplikasi dikomputer ataupun men-download aplikasi diinternet, terdapat rincian yang menunjukan bahwa aplikasi tersebut cocok untuk sistem operasi 32bit ataupun 64bit. Lantas apakah yang dimaksud dengan 32bit atau 64bit ?
Kata bit  sendiri itu artinya binary digit. 32bit atau 64bit yaitu arsitektur pembentuk sebuah processor. Kemampuan processor dalam mengolah data ialah tergantung pada arsitekturnya. Arsitektur ini menentukan lebar data informasi yang mampu diolah dalam satuan waktu. Untuk lebih lanjut, lihat poin-poin berikut:

1. Penyebutan

Untuk 32bit, biasa disebut juga x86 sedangkan untuk 64bit biasa disebut x64.

2. Proses data

Sistem 32bit bisa dikatakan lebih lambat ketimbang 64bit. Ini dikarenakan sistem 64bit mampu memproses data dengan jalur yang lebih besar yaitu 64 binary digit  atau setara dengan mengolah angka sebesar 2^64 (dibaca: 2 pangkat 64) = 18.446.744.073.709.551.615 angka binary digit.
3. Memory
Berkaitan dengan proses data, memory juga berpengaruh terhadap pemrosesan data. Untuk sistem 32bit, memory maksimal yaitu 4GB dengan 2GB memory untuk setiap slotnya. Namun terkadang jika kita memasang memory maksimal yaitu 4GB, sistem 32bit hanya akan membaca memory sebesar 3 – 3,5 GB. Untuk 64bit, memory mendukung lebih dari 4GB. Dalam hal ini, proses data akan maksimal jika sistem 64bit dipadukan dengan memory yang lebih dari 4GB, namun jika memory kurang dari 4GB maka proses data pun tidak akan maksimal dan tak ada bedanya dengan proses data menggunakan sistem 32bit.
4. Keamanan
Baik 32bit ataupun 64bit, sama-sama memiliki keamanan yang baik. Namun keamanan lebih baik dirasakan untuk sistem 64bit. Karena mulai dari driver yang harus cocok 64bit hingga aplikasi yang berbasis 64bit semuanya masih lebih sedikit ketimbang sistem 32bit. Untuk saat ini, sistem yang umumnya digunakan yaitu 32bit, masih sedikit yang menggunakan 64bit. Itulah mengapa keamanan 64bit lebih terjamin ketimbang 32bit.
5. Aplikasi
Aplikasi berbasis 32bit mampu dijalankan pada sistem 32bit dan 64bit. Tapi untuk aplikasi berbasis 64bit hanya bisa dijalankan pada sistem 64bit. Aplikasi yang cocok untuk sistem 64bit yaitu aplikasi yang penggunaannya memerlukan alokasi memory yang besar. Contoh aplikasinya yaitu berupa video encoding, games dengan basis 64bit, pemodelan 3D, dll. Namun untuk aplikasi biasa, tidak terlalu mencolok perbedaannya antara sistem 64bit dan 32bit.
Setelah membaca 5 poin diatas, periksalah apakah sistem yang kita gunakan 32bit ataukah 64bit, dengan cara :
1. Tekan tombol Windows + Pause Break bersamaan

2. Menuju Control Panel > System and Security > System

 

 

Biasanya dalam rincian laptop atau komputer, terdapat rekomendasi sistem yang sesuai dengan perangkat. Ikuti petunjuknya, jika anjurannya menggunakan 64bit, maka sistem operasi lebih baik menggunakan 64bit, begitupun untuk 32bit. – Wassalaamu’alaikum
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: